Minggu, 13 April 2008

Komentar No 2

Proses psikologi yang berpengaruh pada:

- Motivasi : Dalam psikologi pendidikan harus ada motivasi karena motivasi sebagai dorongan dari dalam diri seseorang yang mendorong orang untuk berbuat sesuatu untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

- Perasaan : perasaan sebagai fungsi jiwa adalah mempunyai arti memulai terhadap situasi dimana dengan kita berpadu secara pribadi dengan situasi yang ditempatinya.

- Ingatan : Ingatan ini mempunyai fungsi untuk menyimpan, bahwa segala sesuatu yang pernah kita kenali dan kita lihat selalu tertinggalkan jejaknya / pasti ada bekasnya, ingatan ini tidak hanya terjadi pda masa kini saja, tetapi juga masa lalu, yang pernah kita kenali.

- Fantasi : Fantasi ini sering disamakan dengan khayalan, yaitu daya jiwa untuk menciptakan tanggapan - tanggapan baru dengan bantuan tanggapan - tanggapan yang sudah ada, jadi fantasi ini menjadi unsur menciptakan sesuatu yang baru dalam jiwa.

- Perhatian : Untuk dapat memenuhi kebutuhannya dan dapat melaksanakan tujuan - tujuannya, maka individu perlu mengenali. Artinya pada saat itu hanya benda itulah yang paling kita sadari, sedang benda -benda lain disekitarnya tidak disadari sepenuhnya.

- Pengamatan : Pengamatan merupakan aktivitas jiwa yang memungkinkan manusia mengenali rangsangan - rangsangan yang sampai kepadanya melalui alat - alat inderanya, dengan kemampuan inilah kemungkinan manusia dapat mengenali sesuatu.

- Tanggapan : Tanggapan itu merupakan bayangan / kesan kenangan dari apa yang pernah kita amati dan kenali. Bekas jejak yang tertinggal pada kita dapat kita timbulkan kembali sebagai tanggapan.

Tidak ada komentar: